Monday, May 01, 2017

Feeling Guilty

Kalau ada satu emosi yang lumayan sulit kuhandle, maka itu adalah perasaan bersalah. Apalagi jika rasa bersalah karena telah menyakiti seseorang yang sangaaat baik. Aku punya cara sendiri berdamai dengan emosi yang lain, marah, sedih, kecewa, tapi belum menemukan cara yang cukup mumpuni untuk deal dengan perasaan sedih karena telah mengecewakan orang lain yang aku sayang.

Jadi, semua bermula dari janji yang dengan gampangnya aku buat dan dengan gampangnya aku batalkan. Ada tante Bibah yang sudah repot buatin makanan kesukaan, ada Salim dan Omi yang harus rela meninggalkan kegiatannya yang juga penting hanya untuk mengkover kesalahan kakaknya yang jahat ini. Hiks,,, bahkan pada saat menulis ini, hatiku sakit. Di telepon keduanya sudah berusaha menenangkan, tetapi tetap tidak bisa membungkam suara-suara dari kepalaku sendiri yang mengingatkan betapa berdosanya aku pada Tante Bibah yang sudah begitu baik pada kami bertiga selama ini. Ya Allah, maafkan aku.

Kemarin tangte Bibah pulang ke Indonesia. Katanya di sana tiga hari saja di sana trus balik Bristol lagi. Bisa dipastikan hatiku tak akan tenang sebelum meminta maaf secara langsung. Dan tiga hari itu menjadi terasa lama...




No comments: