Friday, July 07, 2017

Kehidupan akademik di Bristol memasuki saat-saat bikin panik dan homesick 😟. Deadline, hunting akom untuk next term, trus bayangan ditingal teman dan sahabat yang bakal selesei September ini, belum kabar-kabar kurang menyenangkan dari Indo, bener-bener bikin mood naik turun dengan sangat cepat. Bohong jika aku bilang aku tidak down. Hanya saja, alhamdulillah Allah masih sayang kepadaku dan dengan lembut menarikku kembali agar tak larut dalam gundah gulana. Diberinya aku teman dan sahabat yang selalu memberi dukungan moril tak peduli ribuan mill jarak yang terbentang diantara kami. Perlahan-lahan, aku serasa menemukan diriku lagi. Dan akhirnya, aku berusaha memupuk perasaan positif ajah.

Untuk masalah deadline ini, aku kembali mencoba menata ulang niat, menelusuri kembali tujuan utama mengapa memutuskan ke sini dan mulai mengerjakan segalanya satu-satu sesuai dengan slot waktu yang udah aku atur (kapan harus belajar dan kapan harus hunting akom, dan tentu saja disela-selanya harus ada me time dan hang out bareng teman. Hidup harus tetap seimbang, bukan?). Tentang teman yang akan balik Indo, aku ingat Om Coelho pernah menulis seperti ini di bukunya_tapi aku lupa judulnya, "If you are brave enough to say goodbye, life will reward you with a new hello." So, dont worry be happy lah ya,, namanya juga hidup. Ada pertemuan pasti ada perpisahan. Yang penting adalah seberapa istiqomah kita tetap menjaga silaturahim setelah kembali ke kampung halaman masing-masing. Di sini juga insyaAllah akan ada teman (dan semoga bisa menjadi saudara baru), yang akan datang. Mela, yang baik hati bahkan pernah dengan tulus mendoakan "semoga anak-anak baru nanti jauuuh lebih baik dari kami ya, Teh.. biar teteh gak sedih ditinggal kami." Duh sumpah ngetik ini bikin nangis, maacih Melaaa, semoga kehidupan mu juga selalu dilimpahi kebahagiaan, yaa dan semoga persaudaraan tidak terputus,, aamiin.

Lalu tentang kabar-kabar yang bikin hati sesak, salah seorang sahabat baik pun pernah berkata bahwa kita tidak akan pernah bisa mengontrol apa yang terjadi. Banyak hal yang di luar kuasa kita, yang walaupun dengan keberadaan kita di sana, tidak akan mampu menghalau kejadian yang tidak diinginkan. jadi, tidak usahlah terlalu over-thinking. Urusan dunia ini sudah ada yang mengatur. Supaya bisa bahagia, lepaskan yang tidak bisa kau kontrol dan fokuslah pada hal-hal yang bisa kau atur. Misalnya bagaimana mengelola reaskimu terhadap apa yang terjadi itu. Sungguh, dukungan-dukungan seperti ini sangat membebaskan. Masalah memang tidak dengan sendirinya akan selesai, namun setidaknya, fikiran bisa lebih jernih dan lapang.

Di atas semua itu, aku menyadari bahwa kehidupan yang kujalani sekarang tak semenakutkan itu, kok. Kalau mau jujur ada banyaak sekali hal yang patut disyukuri. Hal-hal sederhana seperti bisa berkumpul bersama merayakan kelulusan salah seorang teman yang sudah kuanggap seperti saudara, (Omi) sekaligus merayakan ulang tahun Ibunda kami selama di Bristol (tante Bibah) adalah obat yang sangat mujarab mengusir awan kelabu yang menggelayut di kepalaku. Video call yang tak pernah putus dari adikku di belahan dunia yang lain, masih bisa mendengar suara mama, dan dosen-dosen yang sangat perhatian adalah anugerah kenikmatan yang wajib disyukuri. Intinya, bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Jika ada masalah datang menghampiri, maka kembalilah selalu padaNya. Satu-satunya tempat meminta yang paling sempurna dan tak akan pernah membuat kecewa. Bukankah Dia maha menenangkan jiwa yang gelisah dan Dia selalu menjawab doa dalam tiga bentuk? Langsung dikabulkan, dikabulkan pada saat yang tepat, dan diganti dengan yang jauuuuh lebih baik. Kurang baik apa lagi coba? Hanya butuh iman saja, kan...

Ps: ada tambahan poto from yesterday's moment nih, heheh...

With our birthday Mamah
(Salim juga gak mau ketinggalan, heheh)

the geng lagi nusuk sateeee...

Bakar-bakar sate di back-yardnya tante Bibah




No comments: