Tuesday, July 11, 2017

Tentang 'Lari'

Betul, keliatannya yang paling gampang itu lari. Ada hambatan sedikit, menjadi bimbang lalu lari. Diuji sedikit, menjadi takut lalu lari.

Karena, yang keliatannya pling gampang itu, ya lari. Membebaskan diri dari himpitan untuk kemudian merasa lapang dalam waktu singkat. Lupa bahwa dengan begitu, tak melangkah kemana-mana. Lupa bahwa dengan begitu, masalah tak dengan sendirinya hilang, malah sibuk beranak-pinak karena memang dia diberi ruang untuk membelah diri dengan cepat.

Sungguh, yang keliatannya paling gampang itu lari. Sampai akhirnya, masalah yang telah beranak pinak itu bersekongkol menyerbu pada saat yang bersamaan. Berbaris rapat,  tak memberi celah untuk keluar. Riuh mereka mencemooh sambil dengan bengi memberi label 'pengecut yang paling hina." Lalu datanglah sesal, datanglah marah, berhianat dan balik meryerang diri dengan pertanyaan kenapa tak tak kau memutuskan menjadi kesatria sedari awal? Mengapa tak kau hunus pedangmu dulu itu dan menumpas biang masalah itu sejak belum mengakar dan meraksasa?

No comments: